Berdasarkan data statistik di atas, menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang percepatan penggunaan internetnya cukup tinggi.
Sejalan dengan hal tersebut, banyak sekali masyarakat kita yang hampir tiap harinya online apa pun itu tujuannya. Mulai dari cari artikel, judul skripsi, sosmed, download musik, film terbaru, sampai dengan download film ...... (eheeem).
Gambar di bawah ini merupakan grafik mengenai penggunaan waktu untuk internet dan Indonesia berada pada posisi ke-6 dunia loh, hebat kan? (emang ini bisa dibanggakan -..-“ )
Dari grafik tersebut juga dapat kita ketahui bahwasanya masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan “mobile device” ato gampangannya Hape atau yang lainnya dalam mengakses internet. Alesannya sih gampang karena bisa dibawa kemana-mana jadi bisa online dimana-mana.
Dari sini kita seharusnya otak bisnis kita sudah jalan. Pertanyaannya kenapa kita gak promosi lewat dunia maya, online? Dua data tersebut paling gak udah memberikan gambaran. Lagipula iklan ato promosi lewat TV juga udah mulai gak relevan lagi saat ini. Gak percaya? Nyoooh buktinnya,
Masyarakat Indonesia mungkin sudah bosan disuguhi film” naga terbang kalo gak gitu apa itu nama e, ganteng” gorilla? (Pliss deh) . Intinya mereka sudah bosan dan mulai mengalihkan waktu menonton tv ke arah internet. Dan kalian tau gak apa yang dilakukan orang” Indonesia waktu merekea online? Ya jawabannya bisa ditebak yakni social media.
Munculnya social media sebagai sasaran utama online di karenakan negeri ini belum mempunyai situs” yang keren untuk dikunjungi secara rutin selain situs” yang ....... (eheeem). Tapi beneran deh bisa dikonfirmasi ke penulis artikel ini, kalo ia gak buka situs yang aneh” suweer... (^o^)
Nih data statistiknya kalo social media tetap jadi pilihan utama masyarakat Indonesia....
Mungkin temen” juga sudah tahu bahwa social media yang plaing nge-trend di Indonesia adalah Facebook. Saat ini Facebook merupakan social media yang paling familiar dan paling sering digunakan di Indonesia. Harusnya Mark Zuckerberg berterima kasih ke pada Indonesia karena telah membuatnya menjadi milyuner -.-“.
Pengguna facebook pun bermacam-macam mulai dari anak SMP, SMA, Kuliah, dan orang” dewasa. Tapi akhir” ini anak” SD juga udah mulai bikin (ngelus dada+nyesek). Di tempat yang bernama facebook ini kita bisa kirim postingan, apa pun itu (gambar, tulisan, video dll) dan yang lebih kerennya lagi orang lain bisa liat apa yang kita post sodara.
Nah dari sini otak bisnis kita harusnya jalan lagi. Kenapa kita gak promosi produk kita secara online lewat facebook? Udah murah ato bahkan gratis dan pasti dilihat banyak orang karena sebanyak 28% dari total penduduk Indonesian adalah pengguna internet. Nah bagi temen” yang punya usaha, mulai sekarang coba promosi lewat facebook. Dengan mempertimbangkan aspek” di atas peluang meraih profit yang lebih besar masih terbuka lebar.
Tapiiiiii, segala sesuatunya pasti ada tantangannya ya kan. Nah tantangan dari usaha online ini adalah faktor “kepercayaan”. Kita beli sesuatu sama orang yang gak kita kenal. Pastinya kita akan berfikir, jangan” dia mau nipu? Itu sudah jadi rahasi umum.
Statistik pembelian online di Indonesia sampai dengan bulan Januari 2015 menunjukkan angka yang masih sangat rendah, seperti pada gambar di bawah ini,
Isu penipuan masih menjadi yang utama dalam bisnis online. Nah tantangan kita adalah gimana caranya agar orang lain tahu kalo kita bukan penipu. Salah salah satu caranya adalah dengan membuat komentar pada facebook kita kalo barangnya udah nyampe dan itu pasti jadi poin tersendiri bagi kustomer. Oh ternyata ini bisa dipercaya.
Temen” bisa memulai promosi lewat temen” deket ato sodara untuk beli online. Setelah itu mengirimkan foto produk yang telah sampai ke facebook kita kalo perlu bagikan postingan tersebut agar bisa dibaca banyak orang. Dan, voila, bisnis kita semakin terkenal bisa dipercaya.
Gak ada salahnya mencoba hal baru. Berjualan online? Siapa takut!
Selamat mencoba....... ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar